Membuat Database Sederhana dengan MySql di VB


Wah ternyata masih banyak ya pecinta pemrograman vb yg masih setia,,terutama teman-temen newbie semua. Meskipun sekarang sudah mulai beranjak ke VB.Net tapi cinta saya kepada VB masih tetep (upss kok jadi cinta cinta'an ya) wkwkwk,,,oke disni saya akan berbagi bagaimana membuat program Database Sederhana dengan MySql di Visual Basic… program yang akan saya bahas disini mengenai input data Buku .berikut preview gambarnya.......
Untuk source code lengkapnya  Download Disini.
Download mysql-connector-odbc-3.51.23-win32 Disini.
Keterangan :
  1. Extract file yang sudah di download..
  2. sebelum membuka Project "Perpustakaan.vbp", terlebih dahulu Anda harus Register dulu Komponen2nya dengan mengklik ganda "Register Komponen OCX.bat" setelah itu Pastikan di Komputer Anda Telah terinstall "Xampp" dan setelah terinstallXampp-nya, buka "XAMPP Control Panel" dan pastikan Apache dan MySql-nya dalam keadaan Running. dan Install juga  "mysql-connector-odbc-3.51.23-win32.msi" yang sudah di download. setelah itu import "perpustakaan.sql" dengan cara Buka Mozilla Firefox atau Internet Explorer dan ketikkan "http://localhost/xampp/" tanpa danda petik. setelah itu Klik PhpMyAdmin setelah itu Ciptakan Database baru dengan nama "Perpustakaan" tanpa tanda petik. setelah itu klik "import" , pada File To Import Klik Button "Terlusuri" dan cari Directoy Letak Database MySql-nya.. Databasenya saya letakkan di Directory yang sama dengan Project Perpustaan-nya..yaitu "PERPUSTAKAAN (V.SQL)" setelah terpilih klik open dan klik Button "Go". Dan sekarang Project Perpustaan Siap Dijalankan... Terimakasih.....
NB: Jika ada kesalahan pada program yang sangat sederhana ini saya mohon ma'af
    karna manusia tidak luput dari kesalahan.....

9 comments:

  1. thanks gan posting nya,,,,berguna banget!!!

    ReplyDelete
  2. Untuk Syntac Peminjaman bukunya gimana Om?

    ReplyDelete
  3. @Tito Laksono:InsyaAllah lw saya positngkan untuk transaksi peminjaman buku.

    ReplyDelete
  4. oh.. gini ya caranya ... terimakasih

    ReplyDelete
  5. Gan Ane mo tanya ne Gan,, ane kan bikin program buat skripsi d3 ya gan, trus t4 ane ngambil data mo make tu program, nah ane dah Package&Depelopment wizard tu program, tapi crystal reportnya g'jalan gan, yang lain pada jalan sih,, gimana ne gan solusinya, padahal udah di includkan semua tapi tetap g'bisa, aklau bisa kirim ke email ane ya gan purnomo190@gmail.com===angga_kincai@yahoo.com sebelum nya makasih gan dah share masalah yang diatas... sering2 gini gan

    ReplyDelete
  6. @Anonim:coba qmu download driver cristal reportx gan,,, nama filex "driver-cr85.msi".

    ReplyDelete
  7. mengunakan visual basic berapa ni gan
    yang VB6 apa yang 2008 atau 2010

    ReplyDelete

Isilah komentar disini...

Powered by Blogger.